Welcome to Hidden Leaf!

Welcome, welcome!

Powered By Blogger

This is the doomsday!

Sunday, July 1, 2007

Darimana Aja Bisa!

Ohayo!
Kali ini pengen ngebahas tentang cara nulis cerita, nih.
Kalo dipikirin, kayanya ide cerita bisa dateng darimana aja, loh. Misal, tadi aku ke bengkel, terus ngeliatin ada pistol (pistol ato bukan ngga tahu deh. Yang jelas bentuknya sih kaya pistol) air yang buat nyemprotin mobil-mobil yang ada disana biar bersih. Nha terus aku mikir "Itu pasti tekanan tinggi yah. Bisa luka tuh kalo kena." jadinya aku punya ide cerpen tentang kejadian nyelametin sebuah bengkel dari perampok pake tuh pistol aer. Bisa kan?
Trus...tau kan I Will Survive? Itu kan nyeritain tentang seseorang (ngga sih, 2 orang sebenernya) yang terdampar di pulau kecil, tapi hidupnya ngga sengsara-sengsara amat tuh. Ngga kaya cerita wartawan TV7 yang terdampar di pulau deket Papua itu lho. Itu karena aku lagi mikir betapa enaknya hidup tanpa diatur ortu, tapi ngga sengsara. Trus nongol deh tuh ide.
Bisa juga kok nulis cerita berdasarkan kisah nyata. Cerita yang kubuat berdasarkan kisah nyata bejibun jumlahnya. Kita liat aja Victory 1, Friendship Agent, dan cerpenku yang ngga mau kupublikasiin (karena takut temen-temenku yang kusebut disitu pade ngamuk--pake nama asli sih) yaitu In the Name of Friendship, cerita tentang sebuah hari perpisahan terburuk dalam hidup sang tokoh utama, yaitu jelas aku sendiri.
So, cerita itu ngga harus fiksi buat bikin dia terlihat menarik. Justru keindahan dokumen dalam bentuk cerita itu juga menonjol, kok. Selamat bikin cerita, bikinnya gampang kok apalagi kalo udah baca postingan ini, ato udah punya buku tipsnya di rumah. Yang judulnya Creative Writing (A.S. Laksana) itu salut deh.

No comments: